Contoh Cerkak dan artinya: Pengalaman PKL ing PT. Telekomunikasi Indonesia
Tuesday, April 18, 2017Sebelumnya, aku mau terima kasih banget sama my beloved mom yang udah bantuin translate ni cerita ke Bahasa Jawa <3
Pada mau tau faktanya?
Yah sebenernya aku bisa Bahasa Jawa, tapi kemampuanku berbahasa Jawa masih ancur entah antah berantah. Oleh karena itu, aku butuh bantuan mamah buat translate ni cerita. Gitu ceritanyaaa....
Oh iya, sebelum ke contoh Cerkak kalian tau apa itu Cerkak?
Cerkak dalam Bahasa Jawa maksudnya Cerita Cekak atau biasa dikenal Cerpen (cerita pendek) dalam pelajaran Bahasa Indonesia.
Oke, ini cerita versi Bahasa Indonesia-nya biar yang dari luar jawa juga bisa ngerti nih cerita:
Pengalaman PKL
di PT. Telekomunikasi Indonesia
Namaku Kanaya
Novivian Tabitha Angel atau biasa dipanggil Naya. Aku bersekolah di SMK Negeri
1 Seyegan kelas 11 Teknik Komputer dan Jaringan. Aku ingin menceritakan
pengalamanku bisa PKL di Telkom dan pengalamanku saat PKL di PT. Telkom. Ini
ceritaku.
Sekolahku
adalah Sekolah Menengah Kejuruan, seperti SMK pada lainnya, sekolahku selalu
mengadakan program Praktek Kerja Lapangan atau disebut PKL. Dulu, program PKL
yang selalu diadakan sekolahku dilakukan saat kelas 12 semester 1. Tapi, mulai
tahun 2017 program PKL di sekolahku diadakan di kelas 11 semester 2.
Sebelum
PKL dilaksanakan, siswa kelas 11 wajib mencari tempat PKL sesuai jurusannya
masing-masing. Aku dan ke-3 temanku yaitu Fina, Ficha dan Kamal memilih PT.
Telekomunikasi Indonesia Kandatel Sleman sebagai tempat PKL kami selama 3
bulan. Ingin PKL di Telkom pun tidak semudah yang kalian bayangkan. Prosesnya
pun memakan waktu yang lama yaitu 2 bulan. Mulai dari mengajukan surat
permintaan PKL di Telkom pusat Kota Baru, menunggu konfirmasi, bertemu dengan
HRDnya Telkom Kota Baru untuk permohonan PKL di Telkom Sleman, nunggu
konfirmasi lagi, dan baru dapet surat penugasan PKL di Telkom Sleman.
Kami
ditugaskan dari sekolah untuk PKL dari tanggal 2 Januari 2017-31 Maret 2017.
Tapi, kami baru mulai PKL di Telkom Sleman tanggal 3 Januari 2017. Pada hari
pertama PKL kami bertemu dengan manager Telkom Sleman yang bernama Pak Bagus,
beliau sangat ramah sekali pada kami. Beliau pun mengajak kami berkeliling untuk
menjelaskan ruangan-ruangan yang ada di Telkom dan mengenalkan para pegawai Telkom
Sleman pada kami.
Setelah
kami berkeliling, Pak Bagus pun menjelaskan pekerjaan yang akan kami berempat
lakukan selama PKL di Telkom. Mulai dari Survey Pelanggan, Pasang Baru
IndiHome, Mengatasi gangguan pada IndiHome, dan Pendataan Barang. Saat
melaksanakan pekerjaan yang di beri oleh Pak Bagus, kami pun di damping oleh
teknisi-teknisi yang baik hati dan sabar membimbing mengajari kami. Untuk
survey pelanggan kami di bimbing oleh mas Yudi dan Mas Nasrum, untuk pasang
baru IndiHome kami di bimbing oleh mas Momon, Mas Agus, Mas Yoga, Mas Dhanu,
untuk pekerjaan gangguan pada IndiHome kami di bimbing oleh mas Vicky dan untuk
pendataan barang kami di bimbing oleh mas Hafidz.
Pada
pekerjaan survey pelanggan yang kami lakukan adalah datang kerumah pelanggan,
mengecek apakah ada jaringan yang dekat dari rumah pelanggan, bertanya kepada
pelanggan akan berlangganan paket 2p atau 3p. Apa itu 2p dan 3p? Paket 2p
maksudnya hanya berlangganan internet dan telefon saja, untuk 3p maksudnya berlangganan
internet, telefon, dan TV.
Untuk
pekerjaan Pasang Baru IndiHome kami diajarkan mengulur kabel drop core (kabel
fiber optic) yang benar dan baik, menyambung kabel fiber optic atau biasa
disebut splice, porting kabel, setting ONT(modem), Instalasi STB(Usee TV) dan
tanam tiang. Ya, untuk pekerjaan pasang
baru paling banyak tugasnya. Pekerjaan pasang baru ini sebenernya gak susah.
Tapi, yang menyebabkan pekerjaan pasang baru memakan waktu lama ialah jarak ke
rumah pelanggan yang terkadang jauh. Tidak hanya itu saja, faktor cuaca pun
berpengaruh karena dapat memakan waktu lama saat melakukan pasang baru IndiHome.
Pada
pekerjaan gangguan perangkat IndiHome, kami diajarkan bagaimana mensetting
modem, menyambung kabel tembaga maupun fiber optic yang putus atau loss. Mungkin,
dari cerita dan uraian kegiatan tadi pekerjaan satu ini keliatannya cuma
gampang. Tapi, aslinya ini pekerjaan yang menurut kami lumayan rumit karena
saat di lapangan kami tidak hanya menemukan satu masalah saja di satu
tempat/pelanggan tapi kami bisa menemukan beberapa masalah dan dapat memakan
waktu yang lama seperti pekerjaan pasang baru.
Untuk
pekerjaan pendataan barang, biasanya dilakukan di Gudang. Untuk pendataan
barang kami diajarkan bagaimana menginput data barang di aplikasi yang bernama
TAMARA, ambil barang di Telkom Pugeran, mendata barang masuk dan keluar dengan
barcode dan mengetahui segala macam merk modem.
PKL
di Telkom sangat menyenangkan bagi kami. Tidak hanya mendapatkan ilmu baru yang
tidak pernah diajarkan di sekolah. Tapi, kami pun mempunyai keluarga baru yang
bagi kami sudah dianggap sebagai kakak sendiri maupun orang tua kami sendiri.
Terus, ini baru Cerkaknya:
Pengalaman PKL ning PT.
Telekomunikasi Indonesia
Jenengku Kanaya Novivian Tabitha Angel, biasa diundang
Naya. Aku sekolah ning SMK Negeri 1 Seyegan kelas 11 jurusan Teknik Komputer
lan Jaringan. Aku pingin cerito pengalamanku iso PKL ning PT. Telekomunikasi
Indonesia lan pengalamanku gek PKL ning PT. Telekomunikasi Indonesia Kandatel
Sleman. Iki ceritaku…..
Sekolahku yaiku Sekolah Menengah Kejuruan, koyo SMK
liane, sekolahku mesti nganakke program Praktek Kerjo Lapangan utowo disebut
PKL. Mbiyen program PKL sing mesti dianakake sekolahanku dilakoni kelas 12
semester 1. Nanging, mulai tahun 2017 program PKL nang sekolahku dianakke ning
kelas 11 semester 2.
Sakdurunge PKL dilakoni, siswa kelas 11 wajib nggolek
nggon PKL miturut jurusanne dewe-dewe. Aku karo kancaku cah 3, yaiku Fina,
Ficha, Kamal milih PT. Telekomunikasi Indonesia Kandatel Sleman sing bakal dadi
nggon PKL e awakdewe saksuwene wektu 3 sasi. Pingin PKL ning PT. Telkom ora
segampang koyo sing dibayangke. Proses e we mbutuhke wektu suwe yaiku 2 sasi.
Diawali seko ngejokke surat permintaan PKL ning Telkom Pusat Kota Baru, nunggu informasi,
ketemu karo HRD-ne Telkom Kota Baru kanggo permohonan PKL ning Telkom Sleman,
nunggu konfirmasi meneh, gek oleh surat penugasan PKL ning Telkom Sleman.
Aku karo konco-konco di wenehi tugas seko sekolah le PKL
seko tanggal 2 Januari 2017-31 Maret 2017. Ning aku karo kanca-kancaku gek
nglakoni PKL ning Telkom Sleman tanggal 3 Januari 2017. Pas pisanan PKL aku
karo kanca-kancaku ketemu karo manager PT. Telkom Sleman sing jenenge Pak
Bagus, piyambake wonge apikan lan ramah tanggapanne. Pak Bagus, ngajak aku karo
kanca-kancaku keliling karo njelaske ruangan-ruangan sing ono ning Telkom
Sleman ro ngenalke pegawai-pegawaine Telkom Sleman karo aku lan kanca-kancaku.
Bar aku ro kanca-kancaku keliling, Pak Bagus nerangke
gawean sing arep di lakoni aku sak kanca-kancaku saksuwene PKL ning Telkom.
Diawali seko survey pelanggan, pasang anyar IndiHome, ngatasi gangguan
perangkat IndiHome lan pendataan barang. Pas ngelakoni gawean sing diwenehi Pak
Bagus, aku karo kanca-kancaku didampingi karo teknisi-teknisi sing apik-apik
lan sabar mbimbing karo ngajari aku sak kanca-kancaku. Nggo survei pelanggan
aku karo kanca-kancaku dibimbing karo mas Yudi lan mas Nasrum, nggo pasang
anyar IndiHome aku karo kanca-kancaku dibimbing karo mas Momon, mas Agus, mas
Yoga, mas Dhanu, sing nggo gawean gangguan IndiHome aku karo kanca-kancaku
dibimbing mas Vicky, terus nggo pendataan barang aku karo-koncoku dibimbing
karo mas Hafidz.
Nggon pekerjaan survei pelanggan aku karo kanca-kancaku lakoni
yaiku ning omah pelanggan, ngecek opo eneng jaringan sing cedak seko omahe
pelanggan, takon karo pelanggan arep langganan paket 2p utawa 3p. Opo kuwi 2p
karo 3p? Paket 2p maksudte nggo langganan internet karo telpon wae. Nek 3p
maksudte langganan internet, telpon karo UseeTV.
Kanggo gawean pasang anyar IndiHome aku karo
kanca-kancaku diajari ngulur kabel drop core (kabel fiber optic) sing bener,
setting ONT (modem), Instalasi STB (UseeTV), karo tanam tiang. Yo, nggo gawean
pasang anyar IndiHome iki saktenane ora susah. Ning sing marai gawean pasang
anyar IndiHome ngentekke wektu akeh ki mergo jarak omah pelanggan adoh seko
kantor. Ora mung kuwi wae, eneng faktor alam utawa cuaca yo sing pengaruh karo
wektu pemasangan anyar IndiHome.
Nggon gawean gangguan perangkat IndiHome, aku karo
kanca-kancaku diajari kepiye nyetting modem, nyambung kabel fiber optik lan
tembaga sing pedot utawa loss. Mungkin, seko cerito iki lan uraian kegiatanne
dandani gangguan perangkat IndiHome ketokke mung gawean gampang. Ning asline gawean
kui mau paling rumit mergone pas ning lapangan aku karo kanca-kancaku ora mung
nemokke siji masalah wae ning siji nggon pelanggan, ning aku ro kanca-kancaku
iso nemokke werno-werno masalah lan iso suwe wektune pengerjaanne koyo gawean
pasang anyar IndiHome.
Sing gawean pendataan barang, biasane dilakoni ning
Gudang. Nggon gawean pendataan barang aku ro kanca-kancaku diajari piye carane
nginput data ning aplikasi sing jenenge “TAMARA”, njukuk barang seko Telkom
Pugeran, ndata barang mlebu lan metu nganggo barcode scan lan dadi lumayan
ngerti merek-merek modem.
PKL ning Telkom Sleman nyenengke kanggo aku karo
kanca-kancaku. Ora mung oleh tambahan ilmu anyar sing ora pernah dientukke neng
sekolahan. Ning, aku karo kanca-kancaku dadi nduwe keluarga anyar sing wes aku
ro kanca-kancaku anggep koyo sedulur dewe.
Kesimpulan seko ceritaku PKL ning Telkom Sleman, aku
karo kanca-kancaku iso duwe pengalaman nyambut gawe sing terprogram apik, karo
pengalaman nggo nyambut gawe ning masa depan nek aku karo kanca-kancaku uwis do
lulus sekolah. Pokokke PKL ning PT. Telkom Sleman nduwe ilmu karo pengalaman
sing berharga banget, kanggo pengembangan diri lan ora iso diukur nganggo nilai
opo wae.
0 komentar