Contoh Cerkak dan artinya: Pengalaman PKL ing PT. Telekomunikasi Indonesia

Tuesday, April 18, 2017


Sebelumnya, aku mau terima kasih banget sama my beloved mom yang udah bantuin translate ni cerita ke Bahasa Jawa <3

Pada mau tau faktanya?
Yah sebenernya aku bisa Bahasa Jawa, tapi kemampuanku berbahasa Jawa masih ancur entah antah berantah. Oleh karena itu, aku butuh bantuan mamah buat translate ni cerita. Gitu ceritanyaaa....

Oh iya, sebelum ke contoh Cerkak kalian tau apa itu Cerkak?
Cerkak dalam Bahasa Jawa maksudnya Cerita Cekak atau biasa dikenal Cerpen (cerita pendek) dalam pelajaran Bahasa Indonesia.

Oke, ini cerita versi Bahasa Indonesia-nya biar yang dari luar jawa juga bisa ngerti nih cerita:


Pengalaman PKL di PT. Telekomunikasi Indonesia
            Namaku Kanaya Novivian Tabitha Angel atau biasa dipanggil Naya. Aku bersekolah di SMK Negeri 1 Seyegan kelas 11 Teknik Komputer dan Jaringan. Aku ingin menceritakan pengalamanku bisa PKL di Telkom dan pengalamanku saat PKL di PT. Telkom. Ini ceritaku.
            Sekolahku adalah Sekolah Menengah Kejuruan, seperti SMK pada lainnya, sekolahku selalu mengadakan program Praktek Kerja Lapangan atau disebut PKL. Dulu, program PKL yang selalu diadakan sekolahku dilakukan saat kelas 12 semester 1. Tapi, mulai tahun 2017 program PKL di sekolahku diadakan di kelas 11 semester 2.
            Sebelum PKL dilaksanakan, siswa kelas 11 wajib mencari tempat PKL sesuai jurusannya masing-masing. Aku dan ke-3 temanku yaitu Fina, Ficha dan Kamal memilih PT. Telekomunikasi Indonesia Kandatel Sleman sebagai tempat PKL kami selama 3 bulan. Ingin PKL di Telkom pun tidak semudah yang kalian bayangkan. Prosesnya pun memakan waktu yang lama yaitu 2 bulan. Mulai dari mengajukan surat permintaan PKL di Telkom pusat Kota Baru, menunggu konfirmasi, bertemu dengan HRDnya Telkom Kota Baru untuk permohonan PKL di Telkom Sleman, nunggu konfirmasi lagi, dan baru dapet surat penugasan PKL di Telkom Sleman.
            Kami ditugaskan dari sekolah untuk PKL dari tanggal 2 Januari 2017-31 Maret 2017. Tapi, kami baru mulai PKL di Telkom Sleman tanggal 3 Januari 2017. Pada hari pertama PKL kami bertemu dengan manager Telkom Sleman yang bernama Pak Bagus, beliau sangat ramah sekali pada kami. Beliau pun mengajak kami berkeliling untuk menjelaskan ruangan-ruangan yang ada di Telkom dan mengenalkan para pegawai Telkom Sleman pada kami.
            Setelah kami berkeliling, Pak Bagus pun menjelaskan pekerjaan yang akan kami berempat lakukan selama PKL di Telkom. Mulai dari Survey Pelanggan, Pasang Baru IndiHome, Mengatasi gangguan pada IndiHome, dan Pendataan Barang. Saat melaksanakan pekerjaan yang di beri oleh Pak Bagus, kami pun di damping oleh teknisi-teknisi yang baik hati dan sabar membimbing mengajari kami. Untuk survey pelanggan kami di bimbing oleh mas Yudi dan Mas Nasrum, untuk pasang baru IndiHome kami di bimbing oleh mas Momon, Mas Agus, Mas Yoga, Mas Dhanu, untuk pekerjaan gangguan pada IndiHome kami di bimbing oleh mas Vicky dan untuk pendataan barang kami di bimbing oleh mas Hafidz.
            Pada pekerjaan survey pelanggan yang kami lakukan adalah datang kerumah pelanggan, mengecek apakah ada jaringan yang dekat dari rumah pelanggan, bertanya kepada pelanggan akan berlangganan paket 2p atau 3p. Apa itu 2p dan 3p? Paket 2p maksudnya hanya berlangganan internet dan telefon saja, untuk 3p maksudnya berlangganan internet, telefon, dan TV.
            Untuk pekerjaan Pasang Baru IndiHome kami diajarkan mengulur kabel drop core (kabel fiber optic) yang benar dan baik, menyambung kabel fiber optic atau biasa disebut splice, porting kabel, setting ONT(modem), Instalasi STB(Usee TV) dan tanam tiang. Ya,  untuk pekerjaan pasang baru paling banyak tugasnya. Pekerjaan pasang baru ini sebenernya gak susah. Tapi, yang menyebabkan pekerjaan pasang baru memakan waktu lama ialah jarak ke rumah pelanggan yang terkadang jauh. Tidak hanya itu saja, faktor cuaca pun berpengaruh karena dapat memakan waktu lama saat melakukan pasang baru IndiHome.
            Pada pekerjaan gangguan perangkat IndiHome, kami diajarkan bagaimana mensetting modem, menyambung kabel tembaga maupun fiber optic yang putus atau loss. Mungkin, dari cerita dan uraian kegiatan tadi pekerjaan satu ini keliatannya cuma gampang. Tapi, aslinya ini pekerjaan yang menurut kami lumayan rumit karena saat di lapangan kami tidak hanya menemukan satu masalah saja di satu tempat/pelanggan tapi kami bisa menemukan beberapa masalah dan dapat memakan waktu yang lama seperti pekerjaan pasang baru.
            Untuk pekerjaan pendataan barang, biasanya dilakukan di Gudang. Untuk pendataan barang kami diajarkan bagaimana menginput data barang di aplikasi yang bernama TAMARA, ambil barang di Telkom Pugeran, mendata barang masuk dan keluar dengan barcode dan mengetahui segala macam merk modem.

            PKL di Telkom sangat menyenangkan bagi kami. Tidak hanya mendapatkan ilmu baru yang tidak pernah diajarkan di sekolah. Tapi, kami pun mempunyai keluarga baru yang bagi kami sudah dianggap sebagai kakak sendiri maupun orang tua kami sendiri.


Terus, ini baru Cerkaknya:

Pengalaman PKL ning PT. Telekomunikasi Indonesia
            Jenengku Kanaya Novivian Tabitha Angel, biasa diundang Naya. Aku sekolah ning SMK Negeri 1 Seyegan kelas 11 jurusan Teknik Komputer lan Jaringan. Aku pingin cerito pengalamanku iso PKL ning PT. Telekomunikasi Indonesia lan pengalamanku gek PKL ning PT. Telekomunikasi Indonesia Kandatel Sleman. Iki ceritaku…..
            Sekolahku yaiku Sekolah Menengah Kejuruan, koyo SMK liane, sekolahku mesti nganakke program Praktek Kerjo Lapangan utowo disebut PKL. Mbiyen program PKL sing mesti dianakake sekolahanku dilakoni kelas 12 semester 1. Nanging, mulai tahun 2017 program PKL nang sekolahku dianakke ning kelas 11 semester 2.
            Sakdurunge PKL dilakoni, siswa kelas 11 wajib nggolek nggon PKL miturut jurusanne dewe-dewe. Aku karo kancaku cah 3, yaiku Fina, Ficha, Kamal milih PT. Telekomunikasi Indonesia Kandatel Sleman sing bakal dadi nggon PKL e awakdewe saksuwene wektu 3 sasi. Pingin PKL ning PT. Telkom ora segampang koyo sing dibayangke. Proses e we mbutuhke wektu suwe yaiku 2 sasi. Diawali seko ngejokke surat permintaan PKL ning Telkom Pusat Kota Baru, nunggu informasi, ketemu karo HRD-ne Telkom Kota Baru kanggo permohonan PKL ning Telkom Sleman, nunggu konfirmasi meneh, gek oleh surat penugasan PKL ning Telkom Sleman.
            Aku karo konco-konco di wenehi tugas seko sekolah le PKL seko tanggal 2 Januari 2017-31 Maret 2017. Ning aku karo kanca-kancaku gek nglakoni PKL ning Telkom Sleman tanggal 3 Januari 2017. Pas pisanan PKL aku karo kanca-kancaku ketemu karo manager PT. Telkom Sleman sing jenenge Pak Bagus, piyambake wonge apikan lan ramah tanggapanne. Pak Bagus, ngajak aku karo kanca-kancaku keliling karo njelaske ruangan-ruangan sing ono ning Telkom Sleman ro ngenalke pegawai-pegawaine Telkom Sleman karo aku lan kanca-kancaku.
            Bar aku ro kanca-kancaku keliling, Pak Bagus nerangke gawean sing arep di lakoni aku sak kanca-kancaku saksuwene PKL ning Telkom. Diawali seko survey pelanggan, pasang anyar IndiHome, ngatasi gangguan perangkat IndiHome lan pendataan barang. Pas ngelakoni gawean sing diwenehi Pak Bagus, aku karo kanca-kancaku didampingi karo teknisi-teknisi sing apik-apik lan sabar mbimbing karo ngajari aku sak kanca-kancaku. Nggo survei pelanggan aku karo kanca-kancaku dibimbing karo mas Yudi lan mas Nasrum, nggo pasang anyar IndiHome aku karo kanca-kancaku dibimbing karo mas Momon, mas Agus, mas Yoga, mas Dhanu, sing nggo gawean gangguan IndiHome aku karo kanca-kancaku dibimbing mas Vicky, terus nggo pendataan barang aku karo-koncoku dibimbing karo mas Hafidz.
            Nggon pekerjaan survei pelanggan aku karo kanca-kancaku lakoni yaiku ning omah pelanggan, ngecek opo eneng jaringan sing cedak seko omahe pelanggan, takon karo pelanggan arep langganan paket 2p utawa 3p. Opo kuwi 2p karo 3p? Paket 2p maksudte nggo langganan internet karo telpon wae. Nek 3p maksudte langganan internet, telpon karo UseeTV.
            Kanggo gawean pasang anyar IndiHome aku karo kanca-kancaku diajari ngulur kabel drop core (kabel fiber optic) sing bener, setting ONT (modem), Instalasi STB (UseeTV), karo tanam tiang. Yo, nggo gawean pasang anyar IndiHome iki saktenane ora susah. Ning sing marai gawean pasang anyar IndiHome ngentekke wektu akeh ki mergo jarak omah pelanggan adoh seko kantor. Ora mung kuwi wae, eneng faktor alam utawa cuaca yo sing pengaruh karo wektu pemasangan anyar IndiHome.
            Nggon gawean gangguan perangkat IndiHome, aku karo kanca-kancaku diajari kepiye nyetting modem, nyambung kabel fiber optik lan tembaga sing pedot utawa loss. Mungkin, seko cerito iki lan uraian kegiatanne dandani gangguan perangkat IndiHome ketokke mung gawean gampang. Ning asline gawean kui mau paling rumit mergone pas ning lapangan aku karo kanca-kancaku ora mung nemokke siji masalah wae ning siji nggon pelanggan, ning aku ro kanca-kancaku iso nemokke werno-werno masalah lan iso suwe wektune pengerjaanne koyo gawean pasang anyar IndiHome.
            Sing gawean pendataan barang, biasane dilakoni ning Gudang. Nggon gawean pendataan barang aku ro kanca-kancaku diajari piye carane nginput data ning aplikasi sing jenenge “TAMARA”, njukuk barang seko Telkom Pugeran, ndata barang mlebu lan metu nganggo barcode scan lan dadi lumayan ngerti merek-merek modem.
            PKL ning Telkom Sleman nyenengke kanggo aku karo kanca-kancaku. Ora mung oleh tambahan ilmu anyar sing ora pernah dientukke neng sekolahan. Ning, aku karo kanca-kancaku dadi nduwe keluarga anyar sing wes aku ro kanca-kancaku anggep koyo sedulur dewe.
Kesimpulan seko ceritaku PKL ning Telkom Sleman, aku karo kanca-kancaku iso duwe pengalaman nyambut gawe sing terprogram apik, karo pengalaman nggo nyambut gawe ning masa depan nek aku karo kanca-kancaku uwis do lulus sekolah. Pokokke PKL ning PT. Telkom Sleman nduwe ilmu karo pengalaman sing berharga banget, kanggo pengembangan diri lan ora iso diukur nganggo nilai opo wae.

You Might Also Like

0 komentar